CONSULATE GENERAL OF
THE REPUBLIC OF INDONESIA 
IN TORONTO, CANADA
Search

Media Lokal Ulas Bencana Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Minggu, 30 September 2018

‚Äč

Media setempat CBC News melakukan wawancara dengan Konjen RI Toronto, Leonard F. Hutabarat, Ph.D., (30/9) mengenai perkembangan pasca gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

 

Dijelaskan oleh Konjen RI Toronto, jumlah korban jiwa per tanggal 30 September 2018 adalah sebanyak 832 orang, dengan terdapat lebih dari 500 korban luka-luka dan hampir 17.000 pengungsi. Pemerintah RI telah melakukan upaya untuk menangani bencana tersebut, termasuk mengirimkan tim penyelamat dan medis, melakukan pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan berbagai kebutuhan dasar yang diperlukan. Presiden RI juga turut meninjau langsung lokasi dan para korban bencana.

 

Konjen RI Toronto menambahkan, Pemerintah RI melalui Kementerian Keuangan akan mengalokasikan dana sebesar Rp. 560 miliar (sekitar US$ 38 juta) untuk sarana kesehatan, suplai makanan dan posko penampungan korban. Beliau secara khusus menyampaikan duka yang mendalam terhadap para korban dan keluarga, serta berpesan kepada masyarakat luas yang ingin menyalurkan bantuan kepada para korban kiranya dapat melalui jalur yang tepat dan terpercaya.

 

Konjen RI Toronto berharap ke depannya Indonesia dapat menjalin kerja sama dengan negara lain, termasuk Kanada, di bidang pencegahan bencana seperti sistem peringatan dini tsunami (tsunami early warning system).