CONSULATE GENERAL OF
THE REPUBLIC OF INDONESIA 
IN TORONTO, CANADA
Search

Upaya Peningkatan Jalinan Kerjasama Pendidikan dengan Humber College, Toronto

Rabu, 26 September 2018

‚Äč

Konjen RI Toronto melakukan pertemuan dengan Linda Chao, Associate Director, International Recruitment & Market Developments - Asia, Humber College Konjen RI Toronto (26/9) untuk menjajaki peluang kerja sama pendidikan antara perguruan tinggi di Indonesia dengan Humber College. Beberapa bidang ilmu yang menjadi fokus pembahasan antara lain ilmu keperawatan, hospitality, dan musik. Disamping itu, Konjen Leonard juga secara khusus membahas kemungkinan kerja sama pendidikan untuk program Personal Support Worker (PSW) dengan institusi di Indonesia.

 

Konjen RI Toronto menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2045 dimana jumlah angkatan produktif mencapai hingga 70% dari total populasi. Dalam kaitan tersebut, pemerintah Indonesia berupaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di berbagai sektor, salah satunya melalui kerja sama pendidikan di bidang kesehatan dengan institusi pendidikan di luar negeri, khususnya program PSW.

 

Program diploma Personal Support Worker (PSW) di Humber College berlangsung selama satu tahun (dua semester), dan menurut Linda Chao sangat mungkin dilakukan kerja sama dengan institusi di Indonesia melalui penyetaraan kurikulum. Dengan demikian, dapat dilakukan kerjasama pendidikan dengan skema semester awal di Indonesia dan semester akhir di Kanada. Pelajar Indonesia juga dapat melakukan magang selama program berlangsung selama 20 jam per minggu.

 

Selain program PSW, Linda Chao menyampaikan bahwa terdapat pula program Bachelor of Nursing (Registered Nurse) yang berlangsung selama empat tahun (delapan semester) dan diakui oleh Canadian Association of Schools of Nursing (CASN). Disamping itu, Humber College juga memiliki program bagi sarjana keperawatan asing yang telah menyelesaikan pendidikan di negara asal dan ingin mendapatkan sertifikat CASN (syarat untuk menekuni profesi perawat di Kanada). Program ini mewajibkan mahasiswa yang telah memiliki titel sarjana untuk mengambil pendidikan nursing selama 3 tahun.

 

Selain untuk menjajaki kerja sama, pertemuan kali ini juga dimanfaatkan untuk membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan para pelajar yang tengah mengambil studi di Humber College, termasuk mahasiswa penerima beasiswa asal Papua. Hadir dalam pertemuan tersebut adalah sejumlah mahasiswa Indonesia yang tengah mengambil studi di kampus dimaksud, termasuk penerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua. Konjen RI Toronto menyampaikan harapan agar para pelajar Indonesia di Kanada terus berupaya mempromosikan Indonesia, termasuk terlibat aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh KJRI Toronto.

 

Terkait mahasiwa Indonesia, Linda Chao menyampaikan bahwa sebagian besar yang menempuh studi di Humber College memiliki nilai akademik dan kemampuan berbahasa inggris yang sangat baik dibanding mahasiswa Asia lainnya. Beberapa hal yang menjadi tantangan bagi mahasiswa Indonesia antara lain faktor cuaca dan motivasi belajar. Sejauh ini, kedua hal tersebut dapat diatasi dengan baik oleh para pelajar Indonesia.

 

Selain pertemuan, Konjen RI Toronto juga meninjau berbagai fasilitas yang dimiliki oleh kampus tersebut. Humber College merupakan politeknik negeri terbesar di Kanada yang memiliki lebih dari 180 jenis program pendidikan. Humber College memiliki spesialisasi pada program pendidikan musik, khususnya jazz. Saat ini terdapat sekitar 31.000 siswa full-time dimana 6.000 diantaranya merupakan siswa internasional, termasuk asal Indonesia sebanyak 61 orang, dengan 19 diantaranya merupakan penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Papua.